YPI - ALAZHAR TKI AL AZHAR 14 Diknas Kota SMG SDI ALAZHAR 14 SMPI ALAZHAR 14

Wednesday, March 12, 2008

DR Ratna Megawangi: Karakter Manusia Indonesia Masih Lemah

Sumber Republika, Sabtu, 17 September 2005 21:35:00
DR Ratna Megawangi: Karakter Manusia Indonesia Masih Lemah

Bandung-RoL -- Karakter manusia Indonesia belum bisa dikatakan tangguh selama kualitas tenaga kerjanya rendah, kebobrokan moral dan konflik horizontal masih terjadi di tengah masyarakat, kata DR Ratna Megawangi, Sabtu di Bandung.

Dalam kuliah umum yang bertema "Pendidikan holistik untuk membangun manusia berkarakter dan pembelajar sejati" di Aula kampus Unisba, Bandung, Ratna Megawangi mengatakan, di dunia Internasional, Indonesia dipermalukan karena berbagai kejahatan dan penyelewengan yang terjadi di negeri ini. "Sesama saudara kita bertengkar, angka pembajakan karya cipta terus membengkak, belum lagi tenaga kerja kita yang asal-asalan", katanya.




Ia mengatakan, Indonesia akan menjadi negara yang besar, jika pembangunan karakter manusianya dijadikan skala prioritas. Menurut Ratna, manusia yang berkarakter baik akan mengerti tindakan apa yang harus diambil dan mampu memberikan prioritas pada hal-hal yang baik, sehingga akan terwujud bangsa yang tertib, jujur, pekerja keras, dan bersih. "Jika sebuah negara sudah memiliki sumber daya manusia yang berkarakter, maka disanalah tersimpan kekuatan sebuah negara", ucapnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, lembeknya karakter manusia Indonesia, salah satunya disebabkan oleh sitem pendidikan yang salah."Sistem pendidikan kita tidak membangun manusia seutuhnya, karena yang dibangun dalam sistem pendidikan kita hanya potensi akademis. Sementara potensi emosi dan kreatifitas tidak diperhatikan" katanya.

Menurut perempuan yang lahir 47 tahun lalu ini, pendidikan di Indonesia hanya berorientasi pada nilai. Metodenya lebih cenderung pada hapalan. "Seharusnya kita dibiasakan untuk berfikir analisis dan itu harus dilakukan semenjak usia dini" , demikian Ratna Megawangi.ant/mim